Tak Layak Dianggap Koperasi yang Patuh jika Tak Sanggup Penuhi Syarat Bersertifikat NIK

By | 21 Maret 2018

Tak Layak Dianggap Koperasi yang Patuh jika Tak Sanggup Penuhi Syarat Bersertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK)

Syaratnya apa aja?

Gampang Mas Bro, syaratnya Koperasi yang sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan, hasilnya dilaporkan juga ke Dinas sesuai wilayah keanggotaan Koperasi tersebut Mas Bro.

Wilayah keanggotaan Koperasi itu apa?

Sik ngopi disik Mas Bro ojo kesusu, wilayah binaan itu begini, aku tanya apakah anggota koperasi jenengan itu semuanya masih dalam lingkup satu Kabupaten/Kota? Kalau ia, maka laporan RAT nya mesti ke Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM di Kabupaten/Kota bukan ke Provinsi atau Kementerian Koperasi dan UKM

Nyruput kopi disik Mas Bro, pertanyaan kedua, apakah anggota koperasi jenengan itu sudah antar Kabupaten/Kota dalam satu provinsi? Misalnya ada anggotanya yang berada di Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Surabaya masih dalam satu Provinsi Jawa Timur. Laporan RAT nya ya ke Dinas yang membidangi Koperasi Provinsi Mas Bro bukan ke Dinas Koperasi Kabupaten/Kota, tidak juga ke Kementerian Koperasi dan UKM.

Dah mau habis kopinya Mas Bro, tinggal secegukan, nyruput sekali lagi. Nah tinggal satu lagi Mas Bro, kalau aku tanya apakah anggota koperasi jenengan sudah berada di lintas Provinsi, misal ada yg di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat? Kalau jawabannya iya, maka melaporkan hasil pelaksanaan RAT setiap tahunnya bukan ke Dinas Koperasi Kabupaten/Kota atau Provinsi/D.I, melainkan ke Kementerian Koperasi dan UKM Mas Bro. Jadi informasinya gk akan terputus atau tidak salah kamar.

Nah setelah lapor, pantau ya Mas Bro siapa tahu ada yang salah, misal sudah lapor hasil RAT tapi kok dibilang tidak lapor.

Caranya begini Mas Bro, coba intip ya laporannya, jika sudah lapor, ada tuh datanya di nik.depkop.go.id, coba mas bro pantau ya. Perhatikan dengan seksama, jika ada hal-hal yang kurang sesuai, segera hubungi tempat lapor RAT awal tadi ya, minta segera diupdate datanya.

Terima kasih sudah jadi Koperasi yang Patuh Lapor, yakinlah bermanfaat untuk semua Anggota Koperasi Anda.

Salam

Jare Wong Data

Leave a Reply