Catatan: Panduan Lengkap untuk Symbolic Link (Symlink) pada Windows atau Linux

By | 1 Oktober 2017

Catatan: Panduan Lengkap untuk Symbolic Link (Symlink) pada Windows atau Linux

Ingin mudah mengakses folder dan file dari folder yang berbeda tanpa mempertahankan salinan duplikat? Berikut adalah bagaimana Anda dapat menggunakan Symbolic Link untuk menghubungkan apa pun di Windows 10, 8, 7, Vista, XP, dan Ubuntu.

 

Jadi Apa Symbolic Link sih?

Symbolic Link, atau dikenal sebagai symlink, pada dasarnya jalan pintas canggih. Anda dapat membuat symbolic link ke file atau folder individual, dan kemudian ini akan muncul seperti mereka disimpan dalam folder dengan symbolic link meskipun symbolic link hanya menunjuk ke lokasi mereka yang sebenarnya.

Ada dua jenis symbolic link: hard dan soft. Soft symbolic link bekerja pada dasarnya sama dengan shortcut standar. Ketika Anda membuka soft link, Anda akan diarahkan ke folder di mana file tersebut disimpan. Namun, hard link membuatnya tampak seolah-olah file atau folder benar-benar ada di lokasi symbolic link, dan aplikasi Anda tidak akan tahu apa yang berbeda. Dengan demikian, hard link adalah yang paling menarik dalam artikel ini.

Mengapa Saya harus Menggunakan Symbolic Links?

Ada banyak hal yang kita gunakan symbolic links untuk, jadi inilah beberapa penggunaan teratas yg kita bisa pikirkan:

  • Sinkronisasi folder apapun dengan Dropbox – katakanlah, sync Pidgin Profile Across Computers
  • Memindahkan pengaturan folder untuk program apapun dari lokasi aslinya
  • Menyimpan Musik Anda / Gambar / Video di harddisk kedua, tetapi membuat mereka muncul di standar Musik Anda / Gambar / Video folder sehingga mereka akan terdeteksi program media saya (Windows 7 Libraries juga bisa baik untuk ini)
  • Menyimpan file penting yg dapat diakses dari berbagai lokasi
  • Dan lainnya!

Jika Anda ingin memindahkan file ke drive yang berbeda atau folder dan kemudian secara simbolis menghubungkan mereka, ikuti langkah berikut:

  • Tutup semua program yang dapat mengakses file atau folder
  • Pindahkan file atau folder ke lokasi baru yang diinginkan
  • Ikuti petunjuk yang benar di bawah ini untuk sistem operasi Anda untuk membuat symbolik link.

Perhatian: Pastikan untuk tidak pernah membuat symbolic link dalam symbolic link. Misalnya, tidak membuat symbolic link ke file yang terdapat dalam folder yg sudah ter symbolic link. Hal ini dapat membuat lingkaran, yang dapat menyebabkan jutaan masalah yg Anda tidak ingin berurusan dengannya. Serius.

Buat Symlink di Setiap Edisi Windows di Explorer

Menciptakan symlink biasanya sulit, namun berkat Link Shell Extension gratis, Anda dapat membuat symbolic links dalam semua versi modern Windows yg bebas rasa sakit. Anda perlu men-download baik Visual Studio 2005 redistributable, yang berisi prasyarat yang diperlukan, dan Link Shell Extension sendiri (link di bawah). Download versi yang benar (32 bit atau 64 bit) untuk komputer Anda.

Jalankan dan instal Visual Studio 2005 Redistributable installer pertama.

Kemudian instal Link Shell Extension pada komputer Anda. Taskbar Anda akan temporal hilang saat instalasi, tapi akan cepat kembali.

Sekarang Anda siap untuk mulai membuat symbolic links. Browse ke folder atau file yang ingin membuat symbolic link dari. Klik kanan folder atau file dan pilih Pick Link Source.

Untuk membuat symlink Anda, klik kanan pada folder yang ingin Anda simpan symbolic link nya, pilih “Drop as …”, lalu pilih jenis link yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dari beberapa pilihan yang berbeda di sini; kami memilih Hardlink Clone. Ini akan membuat hard link ke file atau folder yang kita pilih. Opsi Symbolic link menciptakan soft link, sementara salinan pintar sepenuhnya akan menyalin folder yang berisi symbolic links tanpa melanggar mereka. Opsi ini dapat berguna juga.

Berikut folder hard-linked kami pada desktop kita. Perhatikan bahwa folder tampak seperti isinya disimpan dalam Desktop \ Downloads, ketika mereka benar-benar disimpan di C: \ Users \ Matthew \ Desktop \ Downloads. Juga, ketika link yang diciptakan dengan Link Shell Extension, mereka memiliki panah merah pada mereka sehingga Anda masih bisa membedakan mereka.

Dan, ini bekerja dengan cara yang sama di XP juga.

 

Symlinks lewat Command Prompt

Atau, untuk Oprekers yang lebih suka bekerja melalui baris perintah, berikut adalah cara Anda dapat membuat symlink di Command Prompt dalam versi Windows.

Pada Windows 10, 8, 7, or Vista

Pada Windows Vista dan 7, kita akan menggunakan perintah mklink untuk membuat symbolic links. Untuk menggunakannya, kita harus membuka Command Prompt administrator. Masukkan “command” dalam pencarian start menu Anda, klik kanan pada Command Prompt, dan pilih “Run as administrator”.

Untuk membuat symbolic link, kita harus memasukkan berikut di command prompt:

mklink /prefix link_path file/folder_path

Pertama, memilih awalan yang benar. Mklink dapat membuat beberapa jenis link, termasuk berikut:

  • / D – menciptakan soft symbolic link, yang mirip dengan folder standar atau shortcut file dalam Windows. Ini adalah pilihan default, dan mklink akan menggunakannya jika Anda tidak memasukkan awalan.
  • / H – menciptakan hard link ke file
  • / J – menciptakan hard link ke direktori atau folder

Jadi, setelah Anda memilih awalan yang benar, Anda harus memasukkan jalur yang Anda inginkan untuk symbolic link, dan path ke file asli atau folder. Sebagai contoh, jika saya ingin folder di folder Dropbox saya muncul seperti itu juga disimpan di desktop saya, saya akan masukkan berikut:

mklink /J C:\Users\Matthew\Desktop\Dropbox
C:\Users\Matthew\Documents\Dropbox

Perhatikan bahwa jalan pertama adalah simbolis folder saya yg ingin dibuat, sedangkan jalur kedua adalah ke folder yang sebenarnya.

Di sini, di screenshot command prompt ini, Anda dapat melihat bahwa saya membuat sebuah symbolic link dari folder Music saya untuk desktop saya.

Dan inilah bagaimana tampilannya di Explorer. Perhatikan bahwa semua musik saya adalah “benar-benar” disimpan di C: \ Users \ Matthew \ Music, tapi di sini kelihatannya seperti itu disimpan di C: \ Users \ Matthew \ Desktop \ Music.

Jika jalan Anda memiliki spasi di dalamnya, Anda harus menempatkan tanda kutip di sekitarnya. Perhatikan juga bahwa link dapat memiliki nama yang berbeda dari file itu link ke. Sebagai contoh, di sini saya akan membuat symbolic link ke dokumen pada desktop saya:

mklink /H “C:\Users\Matthew\Desktop\ebook.pdf”  
“C:\Users\Matthew\Downloads\Before You Call Tech Support.pdf”

Jangan lupa sintaks:

mklink /prefix link_path Target_file/folder_path

Pada Windows XP

Windows XP tidak termasuk dukungan built-in command prompt untuk symbolic links, tapi kita bisa menggunakan alat Junction gratis sebagai gantinya. Download Junction (link di bawah), dan unzip folder. Sekarang buka Command Prompt (klik Start, pilih All Programs, kemudian Accessories, dan pilih Command Prompt), dan masukkan cd diikuti oleh path dari folder tempat Anda menyimpan Junction.

Junction hanya menciptakan hard symbolic, karena Anda dapat menggunakan cara pintas untuk soft. Untuk membuat hard symlink, kita harus memasukkan berikut di command prompt:

junction –s link_path file/folder_path

Seperti mklink di Windows 7 atau Vista, jika path file / folder Anda memiliki ruang di dalamnya pastikan untuk menaruh tanda kutip jalan Anda. Juga, seperti biasa, symlink Anda dapat memiliki nama yang berbeda bahwa file / folder itu menunjuk ke.

Di sini, kita akan membuat symbolic link ke folder My Music kami pada desktop. Kami memasuki:

junction -s “C:\Documents and Settings\Administrator\Desktop\Music” 
“C:\Documents and Settings\Administrator\My Documents\My Music”

Dan inilah isi symlink kami. Perhatikan bahwa jalan terlihat seperti file-file ini disimpan dalam folder Music langsung pada Desktop, ketika mereka benar-benar disimpan dalam My Documents \ My Music. Sekali lagi, ini bekerja dengan baik folder dan file individual.

Harap Catat: Junction akan bekerja sama di Windows 7 atau Vista, tapi karena mereka termasuk alat built-in symbolic link kami menemukan itu lebih baik untuk menggunakannya pada versi Windows tersebut.

Symlinks di Ubuntu

Sistem operasi berbasis Unix telah mendukung symbolic link sejak awal mereka, sehingga sangat mudah untuk membuat symbolic link dalam distro Linux seperti Ubuntu. Tidak ada cara grafis untuk membuat mereka seperti Link Shell Extension untuk Windows, jadi kami hanya akan melakukannya di Terminal.

Buka terminal (buka menu Applications, pilih Accessories, dan kemudian klik Terminal), dan masukkan berikut:

ln –s file/folder_path link_path

Perhatikan bahwa ini adalah kebalikan dari perintah Windows; Anda menempatkan sumber untuk link pertama, dan kemudian jalan yang kedua.

Sebagai contoh, mari kita buat symbolic link dari folder Pictures kami di Desktop kami. Untuk melakukan hal ini, kami masuk:

ln -s /home/maguay/Pictures /home/maguay/Desktop

Sekali lagi, di sini adalah isi dari folder symlink kami. Gambar terlihat seolah-olah mereka sedang disimpan langsung dalam folder Pictures di Desktop, tapi mereka benar-benar disimpan dalam maguay \ Pictures.

 

Hapus Symlink

Menghapus symbolic link sangat sederhana – hanya menghapus link! Sebagian besar utilitas baris perintah menawarkan cara untuk menghapus symbolic link melalui command prompt, tetapi Anda tidak perlu pergi ke kesulitan.

 

Kesimpulan

Symbolic link dapat sangat berguna, dan kami menggunakannya terus-menerus untuk membantu kita tetap terorganisir dan menjaga hard drive kita dari meluap. Marilah kita tahu bagaimana Anda menggunakan symbolic link pada komputer Anda!

Download Link Shell Extension for Windows 10, 8, 7, Vista, and XP

Download Junction for XP

Sumber: http://belajarkomputerwindows.blogspot.co.id/2016/02/panduan-lengkap-untuk-symbolik-link.html

Murni Catatan

Leave a Reply