Catatan: Memindahkan Direktori Website htdocs dan MySQL – data pada XAMPP Windows dengan Symbolic Link

By | 1 Oktober 2017

Catatan: Memindahkan Direktori Website htdocs dan MySQL – data pada XAMPP Windows dengan Symbolic Link

Trik lain untuk mengamankan data XAMPP

Di posting yang dulu, saya menjelaskan bagaimana cara mengamankan data htdocs dan database XAMPP Windows dengan cara mengedit konfigurasi. Saya juga ngasih trik gimana share folder htdocs dan databaseantara Linux Ubuntu dan Windows 7. Di linux itu tinggal bikin symbolic link, jadi gak pake edit konfigurasi segala. Lebih mudah kan?

Nah, kepikiran juga, kenapa kok gak bikin yang sama di Windows, biar gak edit-edit konfigurasi. Okelah, setelah googling sebentar, ketemu deh caranya. Mumpung XAMPP 1.7.4 juga baru rilis, sekalian snapshot install ulang XAMPP buat buku yang sedang saya tulis.

Karena yang mau dipindahkan adalah folder htdocs dan mysql saja, pertama-tam ayang apsti adalah backup dulu folder htdocs dan data mysql. Defaultnya, htdocs terletak di C:\xampp\htdocs, dan data mysql ada di C:\xampp\mysql\data. Copy folder itu ke drive yang lebih aman, misalkan di D:\web. Setelah copy selesai, delete folder yang asli di drive C tadi.

Untuk membuat symbolic link, jalankan command berikut ini dari directory mana pun.

1
2
3
4
5
# asumsi path seperti penjelasan di atas
mklink /D C:\xampp\htdocs D:\web\htdocs
# ^ membuat link untuk htdocs
mklink /D C:\xampp\mysql\data D:\web\data
# ^ membuat link untuk data mysql

Tanda /D menyatakan untuk membuat softlink directory. Ada lagi /H dan /J untuk hardlink. Apa bedanya softlink dan hardlink? Bisa langsung menuju TKP.

Begitulah, jadi gak perlu edit-edit konfigurasi berbagai macam, lebih simpel yang ini. Kekurangannya adalah cara ini harus dilakukan oleh user yang dapat privilege sebagai administrator dikomputer itu. Selamat mencoba 🙂

 

Sumber: http://blog.haqqi.net/2011/02/memindahkan-data-htdocs-dan-mysql-pada-xampp-windows-dengan-symbolic-link/

Leave a Reply