Home » , » Anjuran Minum 8 Gelas per Hari Ternyata Mitos

Anjuran Minum 8 Gelas per Hari Ternyata Mitos

Sering kita mendengar atau membaca bahwa anjuran minum 8 gelas air putih setiap hari, bahkan dokter juga menyarankan kebiasaan tersebut kepada pasien. Itu semua ternyata mitos, karena tidak ada suatu penelitian yang menguatkan bukti bahwa tubuh kita memerlukan sebanyak 8 gelas air setiap harinya.

Dosen La Trobe University di Melbourne, Australia, mengatakan bahwa kebiasaan minum air delapan gelas sehari dapat menurunkan berat badan dan tetap sehat hanyalah mitos belaka. Memang ada rekomendasi untuk meminum 3,4 liter bagi pria dan 2,8 liter bagi wanita namun tidak semuanya harus air putih.

Mitos yang beredar diperkirakan pertama kali pada tahun 1945 yang berasal dari Rekomendasi meminum 8 gelas air putih pertama kali berasal dari anjuran yang dibuat Food and Nutrition Board of America's National Research Council.

Max Pemberton, seorang dokter dari Inggris yang juga bekerja di National Health Service (NHS) mengatakan bahwa itu hanya mitos dalam dunia medis. Ia menegaskan, tidak ada satu bukti yang menguatkan yang menunjukkan Anda perlu minum air sebanyak itu setiap hari.

Dokter yang juga berprofesi sebagai penulis dan jurnalis itu menyebutkan, warna ideal urin ialah warna jerami terang. Jika warnanya menggelap, itulah saatnya Anda perlu minum air lebih banyak.

Jadi, kesimpulan yang didapat bahwa meminum air putih adalah baik namun tidak harus 8 gelas air putih dalam sehari. Makanan dan buah-buahan yang kita makan memberikan andil besar dalam memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita.

Gaya hidup yang sehat dan pola makan kita yang baik serta asupan gizi yang cukup yang membuat tubuh kita menjadi sehat serta olah raga yang teratur.


Baca Juga: http://www.sugianto.id/2016/02/10-mitos-dan-fakta-seputar-wanita-hamil.html





0 comments:

Post a Comment


Powered by Blogger.